Guru, Lunas Sudah Janji Baktimu


Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah meninggal dunia guru kita Dr. Hamza Baharuddin, S.H., M.H. baru saja Pukul 23.20 di RSWS Makassar Mohon diikhlaskan dan diampunkan segala khilaf.


Demikian pesan yang masuk di aplikasi berbagi pesan saya dari Mama Sitti Rabiah mengabarkan bahwa Pembimbing Kedua dan juga sudah menjadi Orang Tua saya di kampus Unggul, Mutu, Islami (UMI Makassar) dipanggil menghadap Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.


Serasa terbayang kilas balik kebaikan beliau semasa saya kuliah Magister Ilmu Hukum UMI. Beliau sosok praktisi sekaligus pendidik yang saya kagumi. Beliau teladan saya yang senantiasa mengingatkan saya betapa seorang Akademisi itu harus tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui pelayanan profesional yang dimiliki.


Sosok yang tidak pernah berhenti untuk mengabdi. Sejak beliau menjabat sebagai Asisten Direktur II Pascasarjana UMI Makassar. Beliau telah banyak membantu dan memudahkan urusan mahasiswa Pasca UMI. Bahkan saya masih berkomunikasi dengan beliau untuk menyerahkan karya ilmiah hasil kolaborasi kami yang telah terbit di Jurnal Hubungan Luar Negeri, BKSLN Kementerian Luar Negeri RI.




Saat beliau menjadi Asisten Direktur II hingga jabatan struktural terakhir beliau sebagai Kaprodi Magister Ilmu Hukum UMI dan pada Desember 2021 lalu saat saya mengontak beliau sedang berada di Surabaya. Beliau menyampaikan bahwa di Surabaya beliau kerja di Perusahaan sebagai Lawyer. Setelah itu kami belum berkontak lagi hingga kabar itu tiba.


Bersama postingan ini dari lubuk hati terdalam. Saya memohonkan agar beliau diikhlaskan dan diampunkan segala khilaf. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran. Alfatihah. 


Guru, lunas sudah janji baktimu.


Makassar, 5 September 2022


Achmad Zulfikar

Alumni Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar Angkatan 2015


#BeritaDuka #HamzaBaharuddin #FHUMI #UMIMakassar

Lebih baru Lebih lama
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...