Arti Sebuah Buku, Refleksi Hari Buku Nasional 2023


Hari ini, 17 Mei kita memperingati Hari Buku Nasional yang juga Hari Lahir Perpustakaan Nasional @perpusnas.go.id 

Peringatan ini dicetuskan oleh Abdul Malik Fadjar, Mantan Menteri Pendidikan pada 17 Mei 2002.

Tujuan dicetuskannya hari buku nasional yakni menumbuhkan minat baca dan literasi warga Indonesia yang masih sangat rendah. Begitupula dengan penjualan buku yang juga rendah.

Walau Hari Buku Nasional ini tidak semeriah hari peringatan lainnya, mari kita merefleksikan arti sebuah buku bagi diri kita.

Bagi saya, buku merupakan jendela dunia. Dimana saya bisa belajar banyak hal dari buku. Baik itu buku pelajaran, novel, komik dan berbagai macam buku lainnya.

Dari buku kita dapat mengenal kebudayaan lain yang ada di belahan bumi lainnya, bagaimana manusia masa kini membayangkan masa depan seperti terdapat pada genre sci-fi.

Buku juga membantu kita merekam sejarah masa lalu untuk menjadi pelajaran bagi generasi mendatang. Buku juga memberi warna bagi kehidupan kita sebagaimana cerita novel yang menguras perasaan kita.

Tentu kita patut juga merefleksikan sudah berapa buku yang kita baca tahun ini? Kapan terakhir kali kita membeli buku? Ataukah kapan kita terakhir kali membuka buku?

Mari menjadi warga yang memiliki pemikiran maju dengan menumbuhkan minat baca dan literasi, serta menghindari pembajakan karya sebagai bentuk apresiasi kepada para penulis buku.

Selamat Hari Buku Nasional!

Makassar, 17 Mei 2023

Achmad Zulfikar
Pecinta Buku & Pengelola Perpustakaan Zaid bin Tsabit

#HariBukuNasional #Buku
Lebih baru Lebih lama
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...